#009 Tugas Ketiga: UTS-IDEO

ENTRY YANG INI BUAT UTS!

TUGASNYA SIMPEL

KITA DISURUH NGEBUAT POST TENTANG IDEO WAY!

Oke deh.

Pertama-tama gw jelasin dulu IDEO itu apa secara singkat.

IDEO itu sebuah perusahaan di Amrik sono. Mungkin elo semua belom pernah denger gara-gara perusahaannya emang low-profile (serius). Gw juga baru pertama kali denger IDEO kemaren waktu pelajaran Creativity & Innovation.

IDEO itu perusahaan KONSULTASI DESIGN & INOVASI. Kerjaan mereka tuh ngedesain produk, servis, environment, sampe hal-hal digital lainnya. Buat contoh, desain mouse komputer sama sikat gigi yang kita pake sekarang tuh buatan mereka… serius.

Di daftar 25 perusahaan paling inovatif (BusinessWeek), IDEO terus-terusan di peringkat satu tiap tahunnya. Udah gitu, 24 perusahaan lainnya tuh ternyata klien si IDEO… pokoknya, bahkan perusahaan-perusahaan gede macam Apple, Microsoft, Pepsi, sampe Prada semuanya tuh klien IDEO.

Jadi intinya IDEO ini perusahaan yang SANGAT GOKIL DAN KREATIF SEKALIGUS INOVATIF.

Sekarang kita bahas IDEO WAY.

IDEO WAY itu adalah:

“Five steps in the process of designing a better consumer experience.”

Yup. IDEO Way itu cara si perusahaan IDEO misalnya mereka pengen ngebuat sesuatu yang baru. Yaaah, berhubung kerjaannya mereka tuh ngebuat sesuatu yang baru, ini udah kayak prosedur standar mereka misalnya lagi kerja.

1. Observation
2. Brainstorming
3. Rapid Prototyping
4. Refining
5. Implementation

Haduuuh padahal ada neh gambar-gambarnya yang ngejelasin semua unsur yang ada di tiap tahapannya… tapi males ah, kayaknya ngga perlu juga dijelasin. Lagian dari kata-katanya juga udah jelas lah maksudnya apaan. Mending gw kasih komentar aja deh :D

Walaupun keliatannya simpel, IDEO Way ini makan energi dan biaya yang cukup banyak. Mulai dari ngadain sesi interview sampe diskusi brainstorming yang terjadi berkali-kali, sampe ngebuat mock-up atau prototype dari benda yang bakal dibuat, pokoknya capek deh.

Tapi IDEO Way ini udah teruji keefektifannya. Tinggal diliat lah di hasil karya IDEO selama ini. Silakan dicari sendiri lah ya hahahah.

eh ini deh gw kasi link-link yang membantu, ngga tanggung-tanggung, ini link blog temen-temen gw juga! hahahah, kreatif bukan

(pokoknya di link yang gw cantumin ini ada breakdown tahap-tahap IDEO Way sama contoh-contoh hasil karya IDEO)
http://sigigelichan.wordpress.com/2009/10/15/ideo-way/
http://doingsomethingfun.wordpress.com/2009/10/15/8-ive-got-an-ideo/
http://thdy.wordpress.com/2009/10/13/the-ideo-way/

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: